Categories
Info

Antara Caltex dan Chevron serta YPC

BOLEH disebutkan bahwa Caltex dan Chevron itu adalah satu kesatuan. Manajemennya sama. Sama-sama dikendalikan oleh pemilik dan pemegang sahamnya di California, Texas, Amerika Serikat. Bagaikan Garuda dengan Citilink. Caltex dan Chevron 11- 12. Lalu apa itu YPC? YPC adalah Yayasan Pendidikan Cendana, yaitu lembaga pendidikan yang didirikan Caltex dari taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, hingga sekolah menengah atas, plus sekolah luar biasa, di Riau (Rumbai, Minas, Duri, dan Dumai).

Gunanya untuk mendidik anak-anak karyawan yang bekerja di tambang minyak tersebut. Dengan didirikannya sekolah ini, para karyawan merasa aman bekerja di ladang minyak. Sebab, anak-anak mereka berada di lingkungan pendidikan yang menjamin keamanan dan mendapat pendidikan terbaik dari guru-guru berkualitas (buku Melintas Cakrawala, Julius Tahija). Ketika Chevron masih bernama Caltex, semua berjalan baik. Pembayaran honor guru dan tunjangan setelah pensiun diatur dengan baik.

Guru-guru yang mengajar tidak mau tahu apakah gaji mereka dibayar dengan dana bagi hasil 88 persen atau yang bagian Caltex yang 12 persen. Mereka/kami tidak mau tahu akan hal tersebut. Kami hanya mengajar dengan memberikan pengabdian terbaik untuk anak bangsa. Seandainya pun diambil dari 88 persen (milik negara), apakah kami tidak boleh mencicipi uang negara? Mentang-mentang kami bukan pegawai negeri sipil/aparatur sipil negara. Nah, setelah Caltex berganti dengan Chevron, segalanya berubah tanpa sosialisasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *