Categories
Rumah

Bercak Kuning Akibat Tampias Bagian 2

Solusi Sahabat, Tampias dapat diatasi sementara dengan kerai dari bambu. Tampias bisa diatasi dengan membuat “sosoran” (teritisan, red.) lebih lebar, dan kemiringan atap yang lebih tajam.

Baca juga : Jual Genset Semarang

Solusi Ahli Untuk mengatasi tampias, buat lidah atap atau teritisan untuk mencegah air hujan yang jatuh dari tepi atap masuk ke dalam rumah. Biasanya, perpanjangan dari atap ini berbentuk miring 30 derajat dan mempunyai panjang 80-100cm. Agar lebih optimal, teritisan dibuat lebih panjang, yaitu 1-1,2m yang diukur dari pertemuan antara atap dan kolom teras atau balkon rumah. Cara lainnya yaitu dengan membuat area dalam rumah lebih tinggi kurang lebih 5cm dari lantai teras. Hal ini bertujuan untuk mencegah air masuk ke dalam rumah karena bila hujan lebat, genangan air pada teras tidak bisa dihindari.

Cegah Becek pada Halaman

Tanya Halaman depan rumah saya sebagian besar tertutup oleh tanah karena ingin menciptakan kesan alami dan hijau. Kalau musim hujan, bisa dibayangkan bagaimana keadaan halaman depan saya tersebut. Penuh dengan genangan air dan kalau terinjak kaki, lantai depan menjadi kotor. Kalau motor masuk pun kadang tergelincir akibat tanah yang licin. Apa yang harus saya lakukan?

Solusi Sahabat, Masalah tersebut dapat diatasi dengan membuat saluran biopori, memberikan pasir untuk genangan yang tidak terlalu lebar, dan dapat pula menggunakan paving block untuk area jalan menuju pagar depan.

Solusi Ahli, Bisa jadi dikarenakan rumah Anda belum memiliki sistem drainase yang baik. Meskipun genangan air tidak terlalu besar jumlahnya, dapat menimbulkan masalah yang serius. Cara yang efektif untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan membuat resapan dan membuat area pengerasan. Area resapan adalah area yang tidak ditutupi pengerasan dan bersifat fl eksibel. Area ini dapat difungsikan sebagai taman. Adapun area pengerasan dapat menggunakan material yang cukup ramah lingkungan, misalnya paving block, grass block, atau taburan batu alam. Paving block cocok diaplikasikan di daerah tropis karena sifatnya yang tidak mudah panas, sehingga memberi kesan lebih lunak dibandingkan dengan material aspal dan plester.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *