Categories
Rumah

Bercak Kuning Akibat Tampias

Tanya Akibat tampias yang terjadi di void, kondisi tembok pun sudah banyak muncul bercak-bercak kuning dan ada beberapa bagian yang lengket seperti adonan lem. Saya pikir temboknya sudah lembap. Selain itu temboknya berdampingan dengan tembok milik tetangga. Kira-kira apa penyebab dan solusinya, ya?

Baca juga : Jual Genset Balikpapan

Solusi Ahli Untuk dinding rumah yang berdampingan dengan dinding tetangga, plesteran dinding lama yang terkena rembesan di bagian dalam rumah dapat dikupas atau dibobok sampai bertemu dengan lapisan batu bata. Bersihkan dan lembapkan permukaan tersebut lalu siapkan campuran antara semen mortar (PC dan agregat halus) dengan zat aditif (misalnya merek Weldgrout). Campuran tersebut akan menghasilkan mortar waterproofi ng untuk menutup dan melapisi dinding dalam yang terindikasi rembesan atau lembap. Setelah kering, selanjutnya kita dapat mengecat ulang dinding bagian dalam tersebut dengan cat yang ditambahkan Weldnat (zat aditif).

Tampias di Area Void

Tanya Saya baru membangun rumah yang selesai sekitar bulan Agustus 2013. Saat ini di area void terjadi tampias di beberapa titik. Walaupun tidak terlalu parah tetap saja mengganggu karena harus siapkan ember, menggeser furnitur serta barangbarang elektronik.

Solusi Ahli Jika rembesan air hanya meninggalkan noda berupa bercakbercak, maka rembesan air ini dapat diatasi dengan melapisi waterproofi ng tipe coating pada bagian lembap tersebut. Bila rembesan air yang terjadi cukup besar dan membuat dinding rumah bagian dalam rusak parah, maka kita perlu melakukan plesteran ulang atau melapisi plesteran lama pada dinding bagian luar rumah dengan plesteran baru yang ditambahkan zat aditif. Zat aditif yang cocok untuk dinding waterproofi ng adalah redeseal (bahan campuran untuk waterproofi ng yang bersifat anti lembap) atau weldcrete coating (zat aditif pelapis anti bocor sebagai campuran semen mortar) yang tahan lembap.

Cegah Tampias pada Pintu Utama

Tanya Saya sering mengalami tampias di depan pintu utama. Bagian atapnya menyatu dengan teras depan. Memang teras depan memiliki ukuran yang kecil sehingga ketika hujan angin sering tampias. Solusinya apa, ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *