Categories
Info

Mari Bertanam Di Lahan Tidur

Bertanam sayur, buah, hingga bumbu rempah, bisa dilakukan di mana saja. Hal inilah yang disebarkan Komunitas Indonesia Berkebun atau disingkat ID Berkebun sejak tahun 2010. Penggagasnya sendiri juga bukan orang sembarangan, yaitu Ridwan Kamil, yang saat ini menjabat sebagai Walikota Bandung.

“Intinya, kami ingin mengajak masyarakat untuk menanam, di lahan yang tersedia sesempit apapun, seperti teras, halaman belakang, bahkan di pagar pun jadi dengan teknik vertikal garden,” jelas Sigit Kusumawijaya, salah satu admin ID Berkebun, yang juga seorang arsitek.

ID Berkebun juga kerap mengajak masyarakat luas dalam gerakan tanam bersama di lahan-lahan menganggur, seperti di kompleks perumahan maupun lahan kosong. Tumbuhan yang ditanam pun umumnya dapat diolah jadi santapan sehari-hari, antara lain kangkung, bayam, tomat, bahkan padi. “Nanti ketika panen, masyarakat kami undang untuk panen bersama,” jelasnya.

Kegiatan bertanam secara organik ini bahkan sudah menghasilkan kerjasama dengan beberapa rumah makan dengan memasok sayuran organik sebagai bahan bakunya. Saat ini gerakan Indonesia Berkebun sudah berkembang dan memiliki perwakilan regional setidaknya di 10 kota di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *