Categories
Rumah

Membangun dI Lahan Tak Beraturan Bagian 2

Dari pertanyaan dan denah yang saya terima, saya berkesimpulan bahwa tapak rumah Anda tersebut berada di hoek. Oleh sebab itu, tentunya pengembangan rumahnya juga harus mengikuti peraturan untuk rumah hoek yang sudah ada. Pertama-tama yang harus dilakukan adalah melihat pada bangunan yang telah ada. Lihat bagian mana yang bisa diperbaiki atau lihat ruangan apa saja yang dapat dimanfaatkan.

Baca juga : Distributor genset 500 kva di Surabaya

Karena Anda menginginkan ruang-ruang tidur berada di lantai 2, maka ruang tidur yang ada saya alih fungsikan menjadi dapur sekaligus sebagai pintu masuk samping— dan area servis, sedangkan ruang tamu saya jadikan sebagai ruang makan yang lebih luas. Ruang tengah bagian belakang saya jadikan sebagai ruang terbuka untuk sirkulasi udara di dalam rumah, dan sebuah beranda kecil yang menyatu dengan ruang makan. Untuk penambahan ruang, saya memindahkan pintu masuk dari arah carport, karena pintu masuk yang lama saya alih fungsikan sebagai pintu masuk samping.

Kemudian di ruang atau bangunan baru ini saya tambahkan sebuah ruang penerima atau foyer yang berfungsi sebagai ruang transisi atau ruang tamu–sebutan yang lebih umum—sekaligus ruang tangga sebagai penghubung antara lantai 1 dan lantai 2. Di area baru ini juga saya tambahkan sebuah ruang tidur tamu; apabila ada keluarga atau orang tua Anda menginap, maka ruangan ini menyediakan kemudahan dan kenyamanan, karena terpisah dengan ruang-ruang tidur di lantai 2.

Di lantai 2, yang berada di atas bangunan lama, terdapat 2 ruang tidur beserta kamar mandinya dan ruang keluarga, seperti yang Anda minta. Ruang tidur utama berada di atas ruang tidur tamu, berikut kamar mandi pribadinya. Untuk ruang tidur utama ini tidak bisa berada di atas carport, seperti yang Anda inginkan, karena berkaitan dengan peraturan membangun.

Di atas carport apabila dijadikan roof garden dapat dibenarkan, karena merupakan ruang terbuka. Anda dapat menjadikan area di atas area servis sebagai ruang menjemur dan mencuci. Apabila panas matahari kurang optimal, Anda dapat membuat atap di atasnya dan menjadikannya sebagai area jemur yang lebih terbuka. Semoga jawaban yang saya berikan ini berkenan dan dapat menambah inspirasi Anda untuk merenovasi dan membangun rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *