Categories
Pendidikan

Mengenal Sistem Sekolah di Norwegia untuk tingkat perguruan tinggi

Sistem sekolah di norwegia secara karakter lebih dekat dengan negara negara skandinavia, dimana di sebelahnya terdapat negara tetangga swedia dan juga finlandia, jadi secara umum bisa dikatakan sistem sekolah di norwegia independen dan bebas dari intervensi dominasi pendidikan di uni eropa pada umumnya.

Hal ini bisa disampaikan bahwa ada kebanyakan budaya pendidikan yang berlaku di uni eropa tidak diterapkan di sekolah sekolah di norwegia pada tingkatan perguruan tinggi, menurut sumber website Studiva.

Hal ini mungkin karena secara geografis norwegia berada di sisi eropa utara, serta secara kecenderungan negara negara skandinavia memiliki kultur pendidikan tersendiri yang berbeda.

Pada kasus-kasus utama di panggung internasional, misalnya banyak masyarakat mengenal sistem perangkingan universitas terbaik dan terbesar, sebenarnya norwegia juga mengakui ini dan membiarkan universitasnya di ranking oleh sistem pemeranking internasional.

Tetapi dalam publik norwegia jarang dikenal istilah sistem universitas terbaik, karena yang mereka tahu sistem perguruan tinggi di seluruh norwegia sama saja.

Kemudian selanjutnya pembagian kelompok ilmu di norwegia juga acapkali berbeda dengan pengelompokan program studi atau fakultas di negara negara uni eropa lainnya.

Mengenal Sistem Sekolah di Norwegia untuk tingkat perguruan tinggi

Misalnya jika anda akan memilih jurusan fisika, maka biasanya akan mencari di fakultas mipa atau sains kan? Nah, ternyata di norwegia jurusan fisika di masukkan ke dalam fakultas pendidikan. Aneh ya? Ya memang begitulah sistem sekolah di norwegia.

Kemudian pada bagian ketiga yang bisa menjadi perhatian, jadwal seleksi dan sistem penerimaan mahasiswa di perguruan tinggi norwegia berbeda dengan kampus-kampus di belahan uni eropa.

Selain itu juga, ada kemudahan-kemudahan yang diberikan sekolah sekolah di norwegia dalam menerima murid-muridnya, misalnya tidak adanya biaya pendaftaran (alias gratis) dibandingkan dengan sekolah di uni eropa yang kebanyakan memberikan biaya pendaftaran dimuka.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *