Categories
Rumah

Papan Fiber Semen Tahan Rayap, Tahan Air

Dahulu sering kita jumpai penggunaan atau biasa kita sebut tripleks sebagai bahan plywood plafon. Namun, harga kayu sebagai bahan baku tripleks semakin tinggi sehingga membuat harga tripleks ikut tinggi. Ketebalan yang ideal untuk tripleks adalah 5mm. Dengan harga bahan baku yang tinggi, tripleks dengan ketebalan ini harganya jadi mahal.

Baca juga : Distributor Genset 750 Kva di Makassar

Membeli tripleks yang lebih tipis—misalkan ketebalan 2.5mm—sebenarnya bisa saja, namun tripleks setebal ini tipis dan rapuh sehingga tidak baik dijadikan material plafon. Kekurangan lain dari tripleks adalah tidak tahan rayap. Selain itu, seperti halnya produk kayu lainnya, tripleks tidak tahan air. Apabila mengalami kebocoran, akan langsung ternoda dan sulit untuk dicat agar kembali indah seperti semula.

Papan Fiber Semen

Sebagai alternatif, saat ini telah hadir papan fiber semen. Papan ini dibuat dari campuran fiber semen, pasir silika, serat selulosa, dan zat aditif lain sebagai penguat. Karena dibuat dari bahanbahan tersebut, papan fiber semen ini tidak mudah patah dan tidak mudah pecah. Salah satu merek papan fiber semen adalah KalsiRata3, salah satu varian dari produk Kalsi yang dikeluarkan PT. Eternit Gresik. Produk ini memiliki ketebalan 3mm. Karena tipis produk ini mudah dipaku pada rangka kayu. Walaupun tipis, KalsiRata3 kuat, tahan rayap, dan tahan lama karena diproduksi dengan menggunakan mesin teknologi tercanggih dan terbaru dari Belgia. Harganya pun terjangkau, sehingga tak memberatkan Anda.

Cara Pemasangan Terbaik

KalsiRata 3 ringan sehingga mudah dan cepat untuk dikerjakan. Untuk memasang KalsiRata 3 ukuran 100cm x 100cm, dianjurkan untuk menggunakan rangka kayu 4cm x 6cm, dengan modul 50cm x 100cm. Jarak rangka penggantung dianjurkan mengikuti modul per-100cm. Untuk hasil terbaik, sangat dianjurkan untuk menggunakan KalsiNail 3-4.5, paku yang didesain dengan kepala lebar dan pipih, sehingga lebih kuat untuk menahan plafon dibandingkan paku biasa. Kelebihan lainnya, paku akan lebih mudah masuk sempurna ke dalam permukaan KalsiRata 3. Untuk aplikasi terbaik, direkomendasikan KalsiRata 3 ukuran 100cm x 100 cm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *