Categories
Info

Tak Percaya Lagi Integritas Hakim

HUKUM kita berada di titik nadir. Publik tak percaya lagi kepada hakim setelah kian banyaknya wakil Tuhan di bumi ini ditangkap sedang menerima suap untuk mengurangi hukuman. Komisi Yudisial mencatat sudah delapan hakim dicokok aparat hukum ketika tengah menerima besel. Itu yang terekspos ke media. Suap yang masih tersembunyi mungkin lebih banyak.

Komisioner Komisi Yudisial banyak menerima pengaduan soal kelakuan tak terpuji para hakim di Indonesia. Kasus terbaru adalah Ketua Pengadilan Negeri Kepahiang di Bengkulu, Janner Purba, yang tertangkap Komisi Pemberantasan Korupsi pekan lalu. Bersama koleganya, Toton, hakim ini menerima uang Rp 150 juta. Masih ada lagi uang suap Rp 500 juta yang ditemukan KPK di kantor Janner ketika ruangannya digeledah. Tersangka pemberi suap ialah mantan Wakil Direktur Umum dan Keuangan Rumah Sakit Umum Daerah Bengkulu Edi Santoni serta mantan Kepala Bagian Keuangan RSUD Bengkulu Syafri Syafii. Keduanya didakwa melakukan korupsi yang merugikan negara Rp 5,4 miliar.

Perkara disidangkan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Bengkulu dengan ketua majelis hakim dan anggotanya adalah Janner dan Toton. Dalam jajak pendapat di Tempo.co, 84 persen responden tak lagi percaya hakim di Indonesia berintegritas. Hanya 14 persen yang menjawab sebaliknya dan 1 persen memilih tidak tahu. Betapa bobrok. Laksmi Pamuntjak NOVEL Amba karya Laksmi Pamuntjak meraih penghargaan bergengsi The LiBeraturpreis di Jerman. Penghargaan Lit Prom itu bertujuan mewadahi karya para penulis perempuan The Global South yang suaranya belum terwakili.

Novel Laksmi bercerita tentang tahanan politik Pulau Buru. Malam penghargaan The LiBeraturpreis akan diselenggarakan pada 22 Oktober 2016 di Frankfurt Book Fair. Novel Amba diterjemahkan ke bahasa Jerman dengan judul Alle Farben Rot. Versi bahasa Inggris akan terbit pada Juli nanti di Amerika Serikat dengan judul The Question of Red. l Bank Syariah Mandiri BANK Syariah Mandiri (BSM) menyabet tiga penghargaan bergengsi dari Triple A Islamic Awards-The Asset Hong Kong. Penghargaan tersebut diserahkan pada Jumat pekan lalu di Kuala Lumpur, Malaysia.

Penghargaan The Best Islamic Retail Bank diraih BSM untuk berbagai layanan, seperti Tabungan BSM, Tabungan Mabrur, pembiayaan gadai dan cicil emas, pembiayaan pensiun, serta pembiayaan Griya BSM. Selain itu, BSM memperoleh gelar The Best Islamic Trade Finance dan The Best Islamic Bank of Indonesia. Hingga Maret 2016, layanan tabungan BSM mencapai Rp 24,26 triliun. Market share Tabungan BSM di industri perbankan syariah mencapai 35,66 persen dengan jumlah nasabah lebih dari 6,4 juta.

l Tempo WALI KOTA Surabaya Tri Rismaharini memberikan penghargaan kepada Tempo, Jawa Pos, Radio Suara Surabaya, dan Metro TV. Penghargaan diberikan dalam peringatan hari jadi Kota Surabaya ke-723, pekan lalu. Setiap ulang tahun, Pemerintah Kota Surabaya memberikan penghargaan kepada pelbagai pihak. Tahun ini ada 76 piagam. Tempo dianggap berperan menyebarkan program Pemerintah Kota.

Website : kota-bunga.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *