Categories
Rumah

Tips Memilih Jenis Cat yang Tepat ala Kontraktor Semarang CV Ratulangi Teknik

Tips Memilih Jenis Cat yang Tepat ala Kontraktor Semarang CV Ratulangi Teknik – Di pasaran, ada merek yang mengeluarkan klaim bahwa produknya “anti-noda,” sedangkan merek lain mengklaim “tahan noda.” Agar tidak membingungkan Anda, perhatikan ­ tur pada cat yang akan Anda beli. Cat yang “anti-noda” atau “tahan noda” sama-sama memiliki ­ tur yang tidak mudah kotor dan mudah dibersihkan meski permukaannya matte dan semi-kilap.

Masing-masing jenis cat memiliki ketahanan berbeda terhadap noda, sehingga cara membersihkannya pun berbeda. Ketahanan noda yang paling tinggi dimiliki cat anti-noda/tahan noda, cat yang mudah dibersihkan, terakhir cat biasa.

Jika cat biasa harus dibersihkan dengan sikat, sabun, dan air hangat, serta cat yang mudah dibersihkan harus menggunakan sikat dan air bersih, maka dinding dengan lapisan cat anti-noda/tahan noda hanya perlu disemprot air untuk membersihkan noda yang menempel.

Agar Cat Akhir Menutup Sempurna

Proses pengerasan semen pada dinding baru yang belum sempurna dan tingginya tingkat kelembapan di dalam dinding, bisa menyebabkan garam alkali dari semen dan batu terlarut dalam air, menguap, dan keluar ke permukaan dinding. Keadaan ini ditandai dengan munculnya kerak dan endapan garam dinding yang bersifat alkali.

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya dinding baru dilapisi dengan cat primer antialkali terlebih dahulu sebelum ditimpa cat akhir. Cat primer berfungsi menyeimbangkan pH di dalam dinding, membuat daya rekat dinding lebih baik, meningkatkan daya tahan dinding, dan memunculkan warna cat akhir lebih sempurna.

Cat primer tersedia dalam berbagai pilihan ­fitur untuk area eksterior dan interior, sehingga dapat dipilih sesuai kebutuhan. Untuk mendapatkan hasil terbaik, ikuti petunjuk pemakaian dan beri jarak 2 jam atau lebih untuk pengecatan akhir. Hampir semua merek cat di pasaran memproduksi cat primer sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Perekat Keramik Bikin Keramik Menempel Kuat

Sejak dulu, adukan konvensional yang terdiri dari semen, pasir, dan air dalam takaran tertentu, digunakan sebagai perekat keramik. Seiring dengan perkembangan teknologi, semua produsen bahan bangunan dituntut untuk mulai mencari formula baru yang jauh lebih efektif untuk membuat perekat keramik melalui berbagai media. Kini, perekat modern telah tersedia dalam kemasan instan yang cukup ditambah air atau cairan penguat untuk dapat segera digunakan. Dalam memilih perekat keramik, pertama kita harus menentukan jenis perekat keramik berdasarkan jenis media rekat.

Ada jenis perekat untuk keramik biasa, area terendam, kayu dan besi, serta keramik homogen. Masing-masing memiliki kandungan aditif yang berbeda. Pilihlah juga perekat dari merek ternama yang sudah terjamin kualitasnya. Merek perekat di pasaran seperti AM, Sika, Mortar Utama misalnya, telah memiliki garansi kualitas terbaik yang menjamin hasil rekatan keramik yang kuat dan awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *